PENDIDIKAN KESEHATAN GIGI
“Pendampingan Cara Menggosok Gigi dgn Media Audiovisual
Lagu MOGIGU”
Oleh
:
Nama : Isdafia
Rahamadani
Nim : (
P1337425219079 )
POLITEKNIK
KESEHATAN KEMENKES SEMARANG
DIV
ALIH JENJANG KEPERAWATAN GIGI
2019
BAB
I
PENDAHULUAN
A.
LATAR BELAKANG
Pemeliharaan kebersihan gigi dan mulut merupakan salah
satu cara meningkatkan kesehatan. Mulut bukan sekedar pintu masuknya makanan
dan minuman tetapi fungsi mulut lebih dari itu dan tidak banyak orang tua
menyadari besarnya peranan mulut dan gigi bagi kesehatan dan kesejahteraan
anak-anaknya. Hal utama dalam pemeliharann kesehatan gigi dilakukan dengan
menyikat gigi dan baik dan benar.
Menyikat gigi harus dilakukan dengan baik dan benar
agar debris atau sisa makanan benar-benar dapat dihilangkan dari permukaan
gigi. Debris ini jika tidak dibersihkan akan menimbulkan berbagai masalah,
antara lain karang gigi, gigi berlubang, bau mulut dan sebagainya. Cara
menyikat gigi yang baik dan benar yaitu dilakukan secara tekun, teliti dan
teratur. Tekun artinya sikat gigi dilakukan dengan giat dan sungguhsungguh,
teliti artinya sikat gigi dilakukan pada seluruh permukaan gigi dan teratur
dilakukan minimal dua kali sehari. Waktu yang paling tepat untuk menyikat gigi
adalah setiap selesai sarapan dan sebelum tidur malam (Ircham, 2005)
Kelompok anak-anak pada umumnya belum dapat menyikat
gigi dengan baik dan efektif karena menyikat gigi itu tidak mudah terutama pada
makanan yang lengket, serta sisa makanan yang berada pada permukaan gigi yang
sulit dijangkau dengan sikat gigi (Ircham, 2005).Untuk itulah peran orang tua
dalam membimbing dan mendisiplinkan anak untuk melatih pemeliharaan kesehatan
gigi dan mulut dengan menyikat gigi secara baik dan benar pada anak-anak sangat
diperlukan agar sisa makanan yang tertinggal dipermukaan gigi yang sulit
dijangkau dengan sikat gigi bisa dibersihkan.
Pendidikan kesehatan gigi adalah suatu proses yang
ditujukan kepada individu dan kelompok masyarakat untuk mencapai derajat
kesehatan gigi yang setinggi-tingginya (Herijulianti et all, 2001: 4).
B. MAKSUD
DAN TUJUAN
1. Mahasiswa dapat melatih diri untuk bersosialisasi
pada anak dan mendapatkan pengalaman secara terpadu dalam
melaksanakan
kegiatan pendampingan pada anak.
2. Mengajarkan
cara menggosok gigi dengan baik dan benar serta waktu yang tepat umtuk
menggosok gigi melalui lagu mogigu dan diharapkan anak dapat menerapkannya
dalam kehidupan sehari-hari.
PEMBAHASAN
A. PENDAPAT
ANAK TERHADAP LAGU MOGIGU
Respon awal yang
didapatkan saat ingin memutarkan lagu MOGIGU kepada anak, anak tersebut sangat
antusias dan tidak sabar untuk menyaksikannya. Saat mulai menyaksikan anak
tersebut dengan sangat cermat memperhatikan setiap langkah-langkah dalam lagu
tersebut dan saat setelah menyaksikan anak tersebut berpendapat bahwa lagu
tersebut bagus serta mudah untuk dinyanyikan.
Gambar
1.1 : Menonton Lagu Mogigu
B. ANALISA
MENYIKAT GIGI BERDASARKAN LAGU MOGIGU
Dari lagu MOGIGU dapat di analisa bahwa menyikat gigi
yang baik itu 2 kali sehari yaitu pada saat pagi setelah sarapan dan malam
sebelum tidur dengan durasi menyikat gigi selama 2 menit dan tak lupa pula
menambahkan pentingnya menggosok lidah.
Tahapan menggosok gigi yang baik dan benar menurut
lagu MOGIGU sebagia berikut:
Ø Pertama
beri pasta gigi secukupnya, mulai menggosok gigi
Ø Bagaian
atas kanan dekat pipi putar-putar dari ujung belakang sampai gigi depan
Ø Bagian
atas kiri dekat pipi putar-putar dari ujung belakang sampai gigi depan
Ø Bagian
bawah kanan dekat pipi putar-putar dari ujung sampai gigi depan
Ø Bagian
bawah kiri dekat pipi putar-putar dari ujung sampai gigi depan
Ø Bagain
bagian atas kanan dekat langit-langit putar-putar dari ujung belakang sampai
gigi depan
Ø Bagian
depan dekat langit-langit gunakan ujung sikat gigi Tarik dari arah dalam keluar
Ø Bagian
bawah kanan dekat lidah putar-putar dari ujung belakang sampai gigi depan
Ø Bagian
bawah depan dekat lidah gunakan ujung sikat Tarik dari arah dalam keluar
Ø Bagian
bawah kiri dekat lidah putar-putar dari ujung belakang sampai gigi depan
Ø Bagian
pengunyahan gigi atas kanan gosok maju mundur dari ujung belakang sampai gigi
depan
Ø Bagian
pengunyahan gigi atas kiri gosok maju mundur dari ujung belakang sampai gigi
depan
Ø Bagian
pengunyahan gigi bawah kanan gosok maju mundur dari ujung belakang sampai gigi
depan
Ø Bagian
pengunyahan gigi bawah kiri gosok maju mundur dari ujung belakang sampai gigi
depan
Ø Lidah
juga digosok supaya bersih gosok maju mundur dari ujung belakang sampai bagian
depan
C. HASIL
EVALUASI KEGIATAN
HARI
KE-/TGL
|
INSTRUKSI
|
DOKUMENTASI
|
||||||||||||||||
B1
|
B2
|
B3
|
B4
|
B5
|
B6
|
B7
|
B8
|
B9
|
B
10
|
B
11
|
B
12
|
B
13
|
B
14
|
B
15
|
||||
1.
Kamis,
26/09
2019
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
(sikat
gigi pagi)
|
||||||||||
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
|||||||||||
2.
Jum’at
27/09
2019
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
(sikat
gigi pagi)
|
|||||||
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
HARI
KE-/TGL
|
INSTRUKSI
|
DOKUMENTASI
|
||||||||||||||||
B1
|
B2
|
B3
|
B4
|
B5
|
B6
|
B7
|
B8
|
B9
|
B
10
|
B
11
|
B
12
|
B
13
|
B
14
|
B
15
|
||||
3.
Sabtu,
28/09
2019
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
(sikat
gigi malam)
|
||||||
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
||||||||
4.
Ahad,
29/09
2019
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
(sikat
gigi malam)
|
||||||
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
HARI
KE-/TGL
|
INSTRUKSI
|
DOKUMENTASI
|
||||||||||||||||
B1
|
B2
|
B3
|
B4
|
B5
|
B6
|
B7
|
B8
|
B9
|
B
10
|
B
11
|
B
12
|
B
13
|
B
14
|
B
15
|
||||
5.
Senin,
30/09
2019
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
(sikat
gigi malam)
|
|||||
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
|||||||
6.
Selasa,
01/10
2019
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
(sikat
gigi pagi)
|
|||
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
HARI
KE-/TGL
|
INSTRUKSI
|
DOKUMENTASI
|
||||||||||||||||
B1
|
B2
|
B3
|
B4
|
B5
|
B6
|
B7
|
B8
|
B9
|
B
10
|
B
11
|
B
12
|
B
13
|
B
14
|
B
15
|
||||
7.
Rabu,
02/10
2019
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
(sikat
gigi malam)
|
||
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
Keterangan Intruksi:
B1 : Bagian atas kanan dekat pipi
putar-putar sampai gigi depan
B2 : Bagian atas kiri dekat pipi sampai gigi
depan
B3 : Bagian bawah kanan dekat pipi dari
ujung belakang sampai gigi depan
B4 : Bagian bawah kiri dekat pipi sampai
gigi depan
B5 : Bagian atas kanan dekat langit-langit
sampai gigi depan
B6 : Bagian depan dekat langit-langit
menggunakan ujung sikat gigi tarik dari dalam keluar
B7 : Bagian atas kiri dekat langit-langit
dari ujung belakang smapai gigi depan
B8 : Bagian bawah kanan dekat lidah dr ujung
belakang sampai gigi depan
B9 : Bagian depan dekat lidah dengan ujung
sikat gigi Tarik dari arah dalam keluar
B10 : Bagian bawah kiri dekat lidah dari ujung
belakang sampai gigi depan
B11 : Bagian pengunyahan atas kanan gosok maju
mundur
B12 : Bagian pengunyahan atas kanan maju mundur
B13 : Bagian pegunyahan gigi bawah kanan gosok
maju mundur
B14 : Bagian pengunyahan gigi bawah kiri gosok
maju mundur
B15 : Menggosok lidah.
A. KESIMPULAN
HASIL MENURUT TEORI ROGERS
Berdasarkan
kegiatan pendampingan anak yang dilakukan selama 7 hari menurut teori roger, ada 5 tahapan
sebagai berikut :
1.
Kesadaran (Awarenner)
Pada hari pertama, hari
dimana anak dipertontonkan lagu MOGIGU anak mulai sadar mengenai informasi baru
yang diberikan, mengenai cara menyikat gigi dengan baik dan benar dari lagu tersebut
dimana sebelumnya anak tersebut belum mengetahui cara menyikat gigi yang baik
dan benar, baik gerakan-gerakan yang benar pada setiap bagian bagian pada gigi
maupun waktu yang tepat untuk menyikat gigi.
2. Terlatih
(Interest)
Dimana anak tersebut
merasa tertarik dan ingin mengetahui informasi lebih lanjut terhadap cara
menyikat gigi yang baik dan benar melalui lagu MOGIGU yang diberikan dengan memperhatikan
setiap gerakan-gerakan yang diperagakan dalam lagu tersebut.
3. Evaluasi
(Evaluation)
Pada tahap ini anak
tersebut mulai mempertimbangkan apakah dia akan mencoba cara menyikat gigi yang
baik dan benar berdasarkan hasil yang ia saksikan.
4. Mencoba
(Trial)
Pada
awal mulai meniru cara meyikat gigi dengan baik dan benar berdasarkan apa yang
telah ia saksikan, dimana anak tersebut pada saat menyikat gigi dengan cara
yang baik dan benar membuat mulutnya terasa nyaman atau dia merasa dengan cara
tersebut giginya menjadi bersih maka dia melanjutkan menyikat gigi dengan cara
tersebut hingga hari-hari berikutnya.
5. Adopsi
(Adoption)
Pada tahap ini anak telah
merasa yakin bahwa cara menyikat gigi yang disaksikan memberikan keuntungan
dengan dirinya yaitu giginya menjadi bersih, dan dia akan melakukan cara itu
sebagai kebutuhan untuk dirinya.
“Sehingga
kesimpulan yang didapat berdasarkan teori rogers yaitu, tahap awal yang perlu
dilakukan yaitu membuat sasaran menjadi tertarik atas apa yang akan kita
berikan melalui media yang menarik dari hal ini lah sasaran dapan menerima
maksud dan tujuan kita, sehingga sasaran akan melakukan hal yang dianjurkan
malaui kesadarannya sendiri bawha itu sebagai kebutuhan untuk dirinya sendiri”
B. ANALISA ASPEK DALAM PENINGKATAN PENGETAHUAN
1.
Kognitif
Mempertontonkan
lagu MOGIGU kepada anak yang dapat membuat anak menggunaan nalarnya serta mulai
berfikir untuk memahami cara meyikat
gigi yang baik dan benar melaui lagu yang diberikan tersebut di mana aspek
kongnitif yang berperan adalah aspek
2.
Psikomotorik
Anak
memperagakan cara menyikat gigi yang baik dan benar. Pada kegiatan ini anak mulai melakukan respons dari yang diamati,
walaupun bentuk peniruan belum spesifik dan tidak sempurna akan tetapi anak
tersebut terus mencoba. Hal yang mencakup aspek prikomotorik yaitu cara
yang baik dan benar.
3. Bahasa
Memperagakan
cara menyikat gigi yang baik dan benar melaui keterampilan melihat serta
mendengarkan, dari media audiovisual yang diberikan. Aspek Bahasa yang
digunakan yaitu keterampilan melihat dan mendengarkan.
C. PEMBAHASAN
DARI HASIL YANG DIPEROLEH DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIOVISUAL (Oral Health Promotion Based On Audio Visual)
Peningkatan perilaku
kesehatan gigi atau spesifiknya kegiatannya mengubah cara mengyikat gigi pada
anak menjadi baik dan benar melalui lagu MOGIGU dengan media audiovisual sangat
efektif karena Media audio visual mempunyai unsur suara dan unsur gambar.
Diamana media ini mempunyai kemampuan yang lebih baik karena meliputi suara dan
gambar.
Media audio-visual sangat
baik untuk menyampaikan pesan pembelajaran. Dalam media audio visual terdapat
dua unsur yang saling bersatu yaitu audio dan visual. Adanya unsur audio
memungkinkan anak/sasaran untuk dapat menerima pesan pembelajaran melalui
pendengaran, sedangkan unsur visual memungkinkan penciptakan pesan belajar
melalui bentuk visualisasi.
BAB III
PENUTUP
A. KESIMPULAN
Pendampingan cara menggosok gigi yang
baik dan benar melalui media audiovisual yang di pantau selama 7 hari sangat
efektif dalam upaya peningkatan kesehatan gigi diamana dilakukan
sebagai sarana pemeliharaan kesehatan gigi
melalui sistem
edukasi pembelajaran secara pasif dan aktif. Diaman sasaran menjadi terfokus
untuk membangun kebiasaan yang baik melalui pemantauaan dan pada akhirnya
sasaran akan menyadari bahwa hal itu merupakan hal yang dibutuhkan oleh dirinya
dan baikuntuk dirinya.
B. SARAN
Sebaiknya
kegiatan pendampingan seperti ini terus dilakukan dengan jumlah sasaran yang
lebih banyak.
Dan
untuk petugas kesehatan gigi dapat membuat media yang menarik agar anak-anak
yang menjadi sasaran menjadi tertarik dengan apa yang akan kita sampaikan.
DAFTAR
PUSTAKA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar