Kamis, 24 Oktober 2019

Pendidikan Kesehatan Gigi


PENDIDIKAN KESEHATAN GIGI
Pendampingan Cara Menggosok Gigi dgn Media Audiovisual
Lagu MOGIGU”




Oleh :
Nama :       Isdafia Rahamadani
Nim :          ( P1337425219079 )





POLITEKNIK KESEHATAN KEMENKES SEMARANG
DIV ALIH JENJANG KEPERAWATAN GIGI
2019





BAB I
PENDAHULUAN

A.    LATAR BELAKANG
Pemeliharaan kebersihan gigi dan mulut merupakan salah satu cara meningkatkan kesehatan. Mulut bukan sekedar pintu masuknya makanan dan minuman tetapi fungsi mulut lebih dari itu dan tidak banyak orang tua menyadari besarnya peranan mulut dan gigi bagi kesehatan dan kesejahteraan anak-anaknya. Hal utama dalam pemeliharann kesehatan gigi dilakukan dengan menyikat gigi dan baik dan benar.
Menyikat gigi harus dilakukan dengan baik dan benar agar debris atau sisa makanan benar-benar dapat dihilangkan dari permukaan gigi. Debris ini jika tidak dibersihkan akan menimbulkan berbagai masalah, antara lain karang gigi, gigi berlubang, bau mulut dan sebagainya. Cara menyikat gigi yang baik dan benar yaitu dilakukan secara tekun, teliti dan teratur. Tekun artinya sikat gigi dilakukan dengan giat dan sungguhsungguh, teliti artinya sikat gigi dilakukan pada seluruh permukaan gigi dan teratur dilakukan minimal dua kali sehari. Waktu yang paling tepat untuk menyikat gigi adalah setiap selesai sarapan dan sebelum tidur malam (Ircham, 2005)
Kelompok anak-anak pada umumnya belum dapat menyikat gigi dengan baik dan efektif karena menyikat gigi itu tidak mudah terutama pada makanan yang lengket, serta sisa makanan yang berada pada permukaan gigi yang sulit dijangkau dengan sikat gigi (Ircham, 2005).Untuk itulah peran orang tua dalam membimbing dan mendisiplinkan anak untuk melatih pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut dengan menyikat gigi secara baik dan benar pada anak-anak sangat diperlukan agar sisa makanan yang tertinggal dipermukaan gigi yang sulit dijangkau dengan sikat gigi bisa dibersihkan.
Pendidikan kesehatan gigi adalah suatu proses yang ditujukan kepada individu dan kelompok masyarakat untuk mencapai derajat kesehatan gigi yang setinggi-tingginya (Herijulianti et all, 2001: 4).




B.     MAKSUD DAN TUJUAN
1.      Mahasiswa dapat melatih diri untuk bersosialisasi pada anak dan mendapatkan pengalaman secara terpadu dalam melaksanakan kegiatan pendampingan pada anak.
2.      Mengajarkan cara menggosok gigi dengan baik dan benar serta waktu yang tepat umtuk menggosok gigi melalui lagu mogigu dan diharapkan anak dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.
 BAB II
PEMBAHASAN

A.    PENDAPAT ANAK TERHADAP LAGU MOGIGU
Respon awal yang didapatkan saat ingin memutarkan lagu MOGIGU kepada anak, anak tersebut sangat antusias dan tidak sabar untuk menyaksikannya. Saat mulai menyaksikan anak tersebut dengan sangat cermat memperhatikan setiap langkah-langkah dalam lagu tersebut dan saat setelah menyaksikan anak tersebut berpendapat bahwa lagu tersebut bagus serta mudah untuk dinyanyikan.
Gambar 1.1 : Menonton Lagu Mogigu

B.     ANALISA MENYIKAT GIGI BERDASARKAN LAGU MOGIGU
Dari lagu MOGIGU dapat di analisa bahwa menyikat gigi yang baik itu 2 kali sehari yaitu pada saat pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur dengan durasi menyikat gigi selama 2 menit dan tak lupa pula menambahkan pentingnya menggosok lidah.
Tahapan menggosok gigi yang baik dan benar menurut lagu MOGIGU sebagia berikut:
Ø  Pertama beri pasta gigi secukupnya, mulai menggosok gigi
Ø  Bagaian atas kanan dekat pipi putar-putar dari ujung belakang sampai gigi depan
Ø  Bagian atas kiri dekat pipi putar-putar dari ujung belakang sampai gigi depan
Ø  Bagian bawah kanan dekat pipi putar-putar dari ujung sampai gigi depan
Ø  Bagian bawah kiri dekat pipi putar-putar dari ujung sampai gigi depan
Ø  Bagain bagian atas kanan dekat langit-langit putar-putar dari ujung belakang sampai gigi depan
Ø  Bagian depan dekat langit-langit gunakan ujung sikat gigi Tarik dari arah dalam keluar
Ø  Bagian bawah kanan dekat lidah putar-putar dari ujung belakang sampai gigi depan
Ø  Bagian bawah depan dekat lidah gunakan ujung sikat Tarik dari arah dalam keluar
Ø  Bagian bawah kiri dekat lidah putar-putar dari ujung belakang sampai gigi depan
Ø  Bagian pengunyahan gigi atas kanan gosok maju mundur dari ujung belakang sampai gigi depan
Ø  Bagian pengunyahan gigi atas kiri gosok maju mundur dari ujung belakang sampai gigi depan
Ø  Bagian pengunyahan gigi bawah kanan gosok maju mundur dari ujung belakang sampai gigi depan
Ø  Bagian pengunyahan gigi bawah kiri gosok maju mundur dari ujung belakang sampai gigi depan
Ø  Lidah juga digosok supaya bersih gosok maju mundur dari ujung belakang sampai bagian depan



C.     HASIL EVALUASI KEGIATAN
HARI KE-/TGL
Text Box: PAGI
Text Box: MALAM
INSTRUKSI
DOKUMENTASI
B1
B2
B3
B4
B5
B6
B7
B8
B9
B
10
B
11
B
12
B
13
B
14
B
15
1.


Kamis,
26/09
2019


  ü    







  ü    

  ü    




  ü    

  ü    

  ü    

  ü    


(sikat gigi pagi)




  ü    




  ü    



  ü    

  ü    




  ü    

  ü    

  ü    

  ü    

2.


Jum’at
27/09
2019


  ü    


  ü    





  ü    



  ü    

  ü    




  ü    

  ü    

  ü    

  ü    

  ü    

(sikat gigi pagi)




  ü    


  ü    




  ü    

  ü    







  ü    

  ü    

  ü    

  ü    

  ü    

HARI KE-/TGL
Text Box: PAGI
Text Box: MALAM
INSTRUKSI
DOKUMENTASI
B1
B2
B3
B4
B5
B6
B7
B8
B9
B
10
B
11
B
12
B
13
B
14
B
15
3.


Sabtu,
28/09
2019


  ü    


  ü    



  ü    



  ü    

  ü    


  ü    



  ü    

  ü    

  ü    

  ü    

  ü    

(sikat gigi malam)




  ü    

  ü    



  ü    

  ü    

  ü    



  ü    





  ü    

  ü    

  ü    

  ü    

  ü    
4.


Ahad,
29/09
2019



  ü    




  ü    

  ü    

  ü    

  ü    


  ü    





  ü    

  ü    

  ü    

  ü    

  ü    


(sikat gigi malam)




  ü    

  ü    



  ü    

  ü    

  ü    

  ü    



  ü    





  ü    

  ü    

  ü    

  ü    

  ü    


HARI KE-/TGL
Text Box: PAGI
Text Box: MALAM
INSTRUKSI
DOKUMENTASI
B1
B2
B3
B4
B5
B6
B7
B8
B9
B
10
B
11
B
12
B
13
B
14
B
15
5.


Senin,
30/09
2019


  ü    


  ü    



  ü    

  ü    

  ü    

  ü    



  ü    





  ü    

  ü    

  ü    

  ü    

  ü    

(sikat gigi malam)




  ü    

  ü    



  ü    

  ü    

  ü    

  ü    







  ü    

  ü    

  ü    

  ü    

  ü    

  ü    
6.


Selasa,
01/10
2019


  ü    


  ü    

  ü    

  ü    

  ü    

  ü    

  ü    

  ü    

  ü    





  ü    

  ü    

  ü    

  ü    

  ü    

(sikat gigi pagi)





  ü    


  ü    

  ü    

  ü    

  ü    

  ü    

  ü    

  ü    

  ü    



  ü    

  ü    

  ü    

  ü    

  ü    


HARI KE-/TGL
Text Box: PAGI
Text Box: MALAM
INSTRUKSI
DOKUMENTASI
B1
B2
B3
B4
B5
B6
B7
B8
B9
B
10
B
11
B
12
B
13
B
14
B
15
7.

Rabu,
02/10
2019

  ü    





  ü    

  ü    

  ü    

  ü    

  ü    

  ü    

  ü    

  ü    

  ü    

  ü    

  ü    

  ü    



  ü    

  ü    

(sikat gigi malam)




  ü    

  ü    

  ü    

  ü    

  ü    

  ü    

  ü    

  ü    

  ü    

  ü    

  ü    

  ü    

  ü    

  ü    

  ü    

  ü    


Keterangan Intruksi:
B1       : Bagian atas kanan dekat pipi putar-putar sampai gigi depan
B2       : Bagian atas kiri dekat pipi sampai gigi depan
B3       : Bagian bawah kanan dekat pipi dari ujung belakang sampai gigi depan
B4       : Bagian bawah kiri dekat pipi sampai gigi depan
B5       : Bagian atas kanan dekat langit-langit sampai gigi depan
B6       : Bagian depan dekat langit-langit menggunakan ujung sikat gigi tarik dari dalam   keluar
B7       : Bagian atas kiri dekat langit-langit dari ujung belakang smapai gigi depan
B8       : Bagian bawah kanan dekat lidah dr ujung belakang sampai gigi depan
B9       : Bagian depan dekat lidah dengan ujung sikat gigi Tarik dari arah dalam keluar
B10     : Bagian bawah kiri dekat lidah dari ujung belakang sampai gigi depan
B11     : Bagian pengunyahan atas kanan gosok maju mundur
B12     : Bagian pengunyahan atas kanan maju mundur
B13     : Bagian pegunyahan gigi bawah kanan gosok maju mundur
B14     : Bagian pengunyahan gigi bawah kiri gosok maju mundur
B15     : Menggosok lidah.

A.    KESIMPULAN HASIL MENURUT TEORI ROGERS
Berdasarkan kegiatan pendampingan anak yang dilakukan  selama 7 hari menurut teori roger, ada 5 tahapan sebagai berikut :
1.      Kesadaran (Awarenner)
Pada hari pertama, hari dimana anak dipertontonkan lagu MOGIGU anak mulai sadar mengenai informasi baru yang diberikan, mengenai cara menyikat gigi dengan baik dan benar dari lagu tersebut dimana sebelumnya anak tersebut belum mengetahui cara menyikat gigi yang baik dan benar, baik gerakan-gerakan yang benar pada setiap bagian bagian pada gigi maupun waktu yang tepat untuk menyikat gigi.
2.      Terlatih (Interest)
Dimana anak tersebut merasa tertarik dan ingin mengetahui informasi lebih lanjut terhadap cara menyikat gigi yang baik dan benar melalui lagu MOGIGU yang diberikan dengan memperhatikan setiap gerakan-gerakan yang diperagakan dalam lagu tersebut.
3.      Evaluasi (Evaluation)
Pada tahap ini anak tersebut mulai mempertimbangkan apakah dia akan mencoba cara menyikat gigi yang baik dan benar berdasarkan hasil yang ia saksikan.
4.      Mencoba (Trial)
Pada awal mulai meniru cara meyikat gigi dengan baik dan benar berdasarkan apa yang telah ia saksikan, dimana anak tersebut pada saat menyikat gigi dengan cara yang baik dan benar membuat mulutnya terasa nyaman atau dia merasa dengan cara tersebut giginya menjadi bersih maka dia melanjutkan menyikat gigi dengan cara tersebut hingga hari-hari berikutnya.
5.      Adopsi (Adoption)
Pada tahap ini anak telah merasa yakin bahwa cara menyikat gigi yang disaksikan memberikan keuntungan dengan dirinya yaitu giginya menjadi bersih, dan dia akan melakukan cara itu sebagai kebutuhan untuk dirinya.

Sehingga kesimpulan yang didapat berdasarkan teori rogers yaitu, tahap awal yang perlu dilakukan yaitu membuat sasaran menjadi tertarik atas apa yang akan kita berikan melalui media yang menarik dari hal ini lah sasaran dapan menerima maksud dan tujuan kita, sehingga sasaran akan melakukan hal yang dianjurkan malaui kesadarannya sendiri bawha itu sebagai kebutuhan untuk dirinya sendiri



B.     ANALISA ASPEK DALAM PENINGKATAN PENGETAHUAN
1.      Kognitif
Mempertontonkan lagu MOGIGU kepada anak yang dapat membuat anak menggunaan nalarnya serta mulai berfikir  untuk memahami cara meyikat gigi yang baik dan benar melaui lagu yang diberikan tersebut di mana aspek kongnitif yang berperan adalah aspek
2.      Psikomotorik
Anak memperagakan cara menyikat gigi yang baik dan benar. Pada kegiatan ini anak mulai melakukan respons dari yang diamati, walaupun bentuk peniruan belum spesifik dan tidak sempurna akan tetapi anak tersebut terus mencoba. Hal yang mencakup aspek prikomotorik yaitu cara yang baik dan benar.
3.      Bahasa
Memperagakan cara menyikat gigi yang baik dan benar melaui keterampilan melihat serta mendengarkan, dari media audiovisual yang diberikan. Aspek Bahasa yang digunakan yaitu keterampilan melihat dan mendengarkan.

C.     PEMBAHASAN DARI HASIL YANG DIPEROLEH DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIOVISUAL (Oral Health Promotion Based On Audio Visual)
Peningkatan perilaku kesehatan gigi atau spesifiknya kegiatannya mengubah cara mengyikat gigi pada anak menjadi baik dan benar melalui lagu MOGIGU dengan media audiovisual sangat efektif karena Media audio visual mempunyai unsur suara dan unsur gambar. Diamana media ini mempunyai kemampuan yang lebih baik karena meliputi suara dan gambar.
Media audio-visual sangat baik untuk menyampaikan pesan pembelajaran. Dalam media audio visual terdapat dua unsur yang saling bersatu yaitu audio dan visual. Adanya unsur audio memungkinkan anak/sasaran untuk dapat menerima pesan pembelajaran melalui pendengaran, sedangkan unsur visual memungkinkan penciptakan pesan belajar melalui bentuk visualisasi.


BAB III
PENUTUP
A.    KESIMPULAN
Pendampingan cara menggosok gigi yang baik dan benar melalui media audiovisual yang di pantau selama 7 hari sangat efektif dalam upaya peningkatan kesehatan gigi diamana dilakukan  sebagai  sarana pemeliharaan kesehatan gigi melalui sistem edukasi pembelajaran secara pasif dan aktif. Diaman sasaran menjadi terfokus untuk membangun kebiasaan yang baik melalui pemantauaan dan pada akhirnya sasaran akan menyadari bahwa hal itu merupakan hal yang dibutuhkan oleh dirinya dan baikuntuk dirinya.
B.     SARAN
Sebaiknya kegiatan pendampingan seperti ini terus dilakukan dengan jumlah sasaran yang lebih banyak.
Dan untuk petugas kesehatan gigi dapat membuat media yang menarik agar anak-anak yang menjadi sasaran menjadi tertarik dengan apa yang akan kita sampaikan.


















DAFTAR PUSTAKA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar